Rapat Internal KPU Kabupaten Sragen

Senin, 12 April 2021 Ketua, Komisioner, Sekretaris dan seluruh jajaran pegawai KPU Kabupaten Sragen mengikuti rapat di aula KPU Kabupaten Sragen. Rapat ini membahas mengenai evaluasi kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh masing- masing sub bagian pada minggu sebelumnya yang kemudian dilanjutkan dengan rencana kegiatan untuk minggu selanjutnya. Selain itu Sekretaris KPU Kabupaten Sragen juga menyampaikan perubahan jam kerja selama Bulan Ramadan 1442 H sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 9Tahun 2021.                  

Diskusi Kajian Awal Evaluasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta Tahun 2020

Image 2021-04-12 at 09.50.16
« 1 of 3 »

Sabtu, 10 April 2021 pukul 13.00 WIB Ketua KPU Kabupaten Sragen, Minarso dan Komisioner Divisi Hukum, Suwarsono mengikuti kegiatan Diskusi Kajian Awal Evaluasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta Tahun 2020, khususnya terkait dengan Daftar Pemilih, Partisipasi Pemilih serta Pemungutan, Perhitungan  dan Rekapitulasi Suara. yang diselenggarakan oleh KPU Kota Surakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota Se-Solo Raya yang meliputi KPU Kota Surakarta, KPU Kabupaten Boyolali, KPU Kabupaten Wonogiri, KPU Kabupaten Sukoharjo, KPU Kabupaten Karanganyar dan KPU Kabupaten Sragen. Hadir secara langsung Pimpinan KPU RI Arief Budiman dan Yulianto Sudrajat Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah beserta seluruh anggota. Acara tersebut dibuka langsung oleh Arief Budiman, sementara satu orang anggota KPU RI, Viryan Aziz juga memberikan pengarahan namun secara daring dari KPU Provinsi Kalimantan Barat

Rakor dan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Bulan Maret

Sebagai lembaga penyelenggara pemilihan umum, KPU berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017. Kemudian ditegaskan dengan Surat Dinas KPU RI Nomor :132/PL.02.-SD/01/KPU/II/2021 maka dari itu KPU Kabupaten Sragen wajib melaksanakan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan dengan mengadakan rakor rutin dan pleno setiap bulan.

Pada hari Senin 5 April 2021, bertempat di Aula KPU Kabupaten Sragen, KPU Kabupaten Sragen mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 untuk periode bulan Maret. Rapat tersebut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Sragen, Dispendukcapil Kabupaten Sragen, Kodim 0725 Sragen, Polres Sragen dan Sekretariat KPU Kabupaten Sragen.

 Selain membahas evaluasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada rakor pertama bulan Februari lalu juga dipaparkan hasil pemutakhiran yang telah dilaksanakan dengan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan sebanyak 746.436 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 367.766 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 378.670 pemilih.

Berita Acara dan Rekapitulasi Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Maret 2021 Download

By name Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Maret 2021 Download

Pembukaan Kotak Suara Pasca Pilbup Sragen Tahun 2020

Selasa tanggal 31 Maret 2021, KPU Kabupaten Sragen menggelar pembukaan kotak suara pasca Pilbup Bulan Desember tahun 2020 lalu.  Proses pembukaan kotak suara tersebut turut disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen, Budi Prasetya dan perwakilan Polres Sragen, IPDA Heri W. Pembukaan kotak suara  tersebut merupakan bagian dari proses pengarsipan dan pemusnahan eks logistik pemilihan pasca pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sragen Tahun 2020 seperti yang diatur dalam PKPU No 35 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya Pasca Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati dan/atau Wali Kota. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula KPU Kabupaten Sragen pada pukul 13.00 siang.

Penyampaian Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sragen Tahun 2020

Sragen (25/3)—KPU Kabupaten Sragen menyelenggarakan Kegiatan Penyampaian Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sragen Tahun 2020 di Gedung IPHI Kecamatan Sragen. Kegiatan ini dimulai pada jam 9.30 WIB dan dibuka dengan paparan laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Sragen, Widy Hargus Kistyanto.

Selanjutnya Ketua KPU Kabupaten Sragen, Minarso memberikan sambutan. Dalam sambutannya Minarso menyampaikan jika pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sragen Tahun 2020 berhasil menyelaraskan dua prinsip yaitu prinsip pandemi, semakin sedikit orang yang berkumpul semakin baik dan prinsip pemilihan yaitu semakin banyak orang datang maka semakin baik. Dua prinsip ini menjadi keistimewaan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sragen Tahun 2020.

Selain itu Ketua KPU Kabupaten Sragen juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan telah berlangsung dengan baik dan menyampaikan  terima kasih kepada para undangan yang hadir serta seluruh pihak yang terlibat, Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sragen, TNI/POLRI, Kejaksaan dan Pengadilan Kabupaten Sragen, jajaran forkompinda, Stakeholder, Dinkes, Disdukcapil, Kesbangpol, Bawaslu, Parpol, Ormas, PKK, Bank Jateng dan Bank BRI Kabupaten Sragen.

Selanjutnya, Tugiono, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen mewakili Bupati Sragen turut memberikan sambutan. Tugiono menyampaikan apresiasi bagi KPU Kabupaten Sragen yang telah sukses menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sragen Tahun 2020. Meskipun Kabupaten Sragen memiliki calon tunggal dan penyelenggaraan ditengah pandemi Covid-19 namun tingkat partisipasi pemilih tetap tinggi dan tidak muncul klaster baru.

KUNJUNGAN DPC PARTAI DEMOKRAT KABUPATEN SRAGEN KE KPU KABUPATEN SRAGEN

Senin, 15 Maret 2021 pada jam 13.00 WIB Kantor KPU Kabupaten Sragen menerima kunjungan dari Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Sragen. Kunjungan Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Sragen beserta anggota Fraksi Partai Demokrat di DPD Kabupaten Sragen berjumlah 15 orang dan dipimpin langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Budiono Rahmadi. Kunjungan Tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sragen Minarso, dan seluruh anggota Komisioner.

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut DPC Partai Demokrat Kabupaten Sragen menyampaikan tiga salinan Surat Keputusan. Diantaranya ialah salinan Surat Keputusan Kemenkumham Tentang Pengesahan Perubahan Sususan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Masa Bakti 2020-2025, Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Tentang Revisi Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2022 dan terakhir Surat Keputusan Pencabutan dan Pembatalan Surat Keputusan Partai Demokrat Nomor: 127/SK/DPP.PD/DPC/X/2020 Tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sragen. Terbitnya Surat Keputusan tersebut memberlakukan kembali jabatan Budiono Rahmadi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Sragen Periode 2017-2022.

1 2 3 38