UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2019 KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SRAGEN

KPU Sragen-Selasa tanggal 1 Oktober 2019 bertempat di halaman Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sragen, Komisioner beserta seluruh Pegawai dan Karyawan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019. Upacara dipimpin oleh ketua KPU Kabupaten Sragen dengan membacakan Ikrar yang bunyinya :

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah  banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Dari isi ikrar tersebut dapat kita simpulkan arti pentingnya pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai benteng kita terhadap segala ancaman yang membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejalan dengan sumpah/janji sebagai Aparatur Sipil Negara yang harus setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sragen bertekad untuk selalu mawasdiri dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, seperti dengan bekerja penuh tanggung jawab, ikhlas dan menjunjung tinggi kejujuran, melayani masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai ASN, menegakkan nilai-nilai demokrasi, serta menyelenggarakan Pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

Semoga kita senantiasa bersemangat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dokumentasi

TAHAPAN PENCALONAN PERSEORANGAN PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020

KPU SRAGEN MEMPERINGATI HARI OLAHRAGA NASIONAL KE 36 TAHUN 2019

KPU Sragen-Senin tanggal 9 September 2019 bertempat di halaman Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sragen, Komisioner beserta Sekretariat KPU melakasanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasionel Ke 36 Tahun 2019. Upacara dipimpin oleh ketua KPU Kabupaten Sragen dengan membacakan sambutan dari Menteri olahraga Bp. Imam Nahrawi, dalam sambutan tersebut berisi bahwa dengan sehat jasmani dan rohani berarti kita telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju.

Peringatan Haornas ini merupakan yang pertama kalinya diperingati oleh KPU Kabupaten Sragen dengan melaksanakan upacara, sehingga mempunyai kesan yang tersendiri bagi seluruh jajaran KPU Kabupaten Sragen. Dan untuk menyemangati kinerja seluruh pegawai KPU Kabupaten Sragen diadakan senam bersama dengan mengundang intruktur, yang dilaksanakan selama satu jam lebih.

Tema peringatan Haornas pada tahun ini adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja” tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, maka dari itu mari kita berolahraga agar badan kita sehat jiwa kita kuat!!

Dokumentasi

KPU KABUPATEN SRAGEN RAIH EMPAT PENGHARGAAN DARI KPU PROVINSI JAWA TENGAH

KPU Sragen- Puji syukur Alhamdulillahirobbil’alamin kami panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Dalam Evaluasi penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 24 sampai 26 Agustus 2019 di Purwokerto, KPU Kabupaten Sragen yang telah menerima penghargaan dari KPU Provinsi Jawa Tengah sebanyak empat penghargaan antara lain:

  1. Kategori Rekapitulasi Tungsura Pemilu Tahun 2019 Terbaik III
  2. Kategori Dalam Kinerja Satker Tahun 2019 Terbaik III
  3. Kategori Pengelolaan Keuangan Tahun 2019 Terbaik II
  4. Kategori Antisipatif Terhadap Masalah-Masalah Hukum Dalam Pemilu Tahun 2019 Terbaik I

KPU Kabupaten Sragen menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  seluruh elemen KPPS, PPS, dan PPK yang selama ini telah bekerja keras demi suksesnya Pemilu Tahun 2019.

Termakasih diucapkan kepada Bawaslu Sragen yang telah bersinergi bersama dalam mewujudkan Pemilu Tahun 2019 menjadi Pemilu yang berkualitas, jujur dan adil, selanjutnya  kepada Forkopimda, Dinas Instansi/Lembaga pemerintahan, Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat atas partisipasi dan atensinya sehingga KPU Kabupaten Sragen dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, terukur dan terarah.

Penghargaan yang telah diraih ini sesungguhnya tidak hanya kerja keras dari KPU Kabupaten Sragen semata tetapi juga dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Sragen yang telah turut mensukseskan Pemilu Tahun 2019, sehingga akan lebih pantas kalau penghargaan yang diraih KPU Kabupaten Sragen adalah penghargaan untuk semua masyarakat Kabupaten Sragen, semoga kedepan KPU Kabupaten Sragen akan lebih berkualitas dan bermartabat dalam menjalankan penyelenggaraan pemilu pada tahun –tahun yang akan datang.

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-74 REPUBLIK INDONESIA

        KPU Sragen – Dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, masyarakat pedesaan sampai perkotaan, sekolahan, instansi pemerintahan dan perusahaan milik pemerintahan maupun swasta mengadakan lomba-lomba dari tingkat anak-anak hingga dewasa, semua riuh riang bergembira bersama, ditambah lagi jalanan dihiasi dengan lampu-lampu hias, dan dipasangi bendera merah putih serta umbul-umbul yang membuat suasana tampak begitu meriah. Pun demikian halnya dengan KPU Kabupaten Sragen untuk menyemarakkan HUT ke-74 RI pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019 mengadakan lomba yang di ikuti mulai dari staf, pejabat struktural maupun komisioner semua membaur berkompetisi untuk memperebutkan juara. Sebelum lomba dimulai Ketua KPU Sragen Minarso menyampaikan “ dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI sudah sewajibnya kita selalu mendoakan para pendahulu kita, para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan RI sehingga kita bisa menikmati seperti sekarang ini, oleh sebab itu sudah sepantasnya kita selalu bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan nikmat-Nya, sebagai seorang abdi negara yang bekerja di instansi pemerintahan wujud syukur itu dimaknai dengan kita bekerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas, inshaAllah semua akan menjadi berkah dan Indonesia akan menjadi negara yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur..Aamiin”.

        Panitia membagi perlombaan menjadi 5 (lima) jenis lomba, yaitu 1. Lomba memasukkan pensil kedalam botol, 2. Lomba balap kelereng, 3. Lomba makan kerupuk, 4. Lomba memakai kaos secara kelompok, 5. Lomba Tenis meja, setiap lomba diambil 3 (tiga) juara yaitu juara 1, 2, 3. Lomba berjalan dengan lancar dan sangat meriah, semoga lomba peayaan HUT RI dilingkungan KPU Sragen dapat selalu berjalan terus dari tahun kemarin sampai pada tahun-tahun berikutnya.

 

Dokumentasi

PENETAPAN PEROLEHAN KURSI PARTAI POLITIK DAN CALON TERPILIH ANGGOTA DPRD KABUPATEN SRAGEN PEMILU TAHUN 2019

KPU Kabupaten Sragen menetapkan perolehan Kursi partai politik dan  Perolehan Calon Anggota DPRD Kabupaten Sragen terpilih periode 2019-2024 di Aula Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sragen, Jumat 9 Agustus 2019 Pukul 15.00 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Sragen, Minarso dalam sambutan nya menyampaikan bahwa Mekanisme Rapat pleno terbuka hari ini berdasar pada PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum dan PKPU Nomor 14 Tahun 2019 tentang Perubahan kelima atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu yang menjadwalkan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota paling lama 5 (lima) hari setelah Salinan Penetapan atau Putusan Mahkamah Konstitusi diterima oleh KPU.

Mewakili Pemerintah Daerah Sekda Pemerintahan Kabupaten Sragen, Drs. Tatag Prabawanto menyampaikan bahwa pada tanggal 12 Agustus 2019 para Calon Anggota DPRD Terpilih dan Konsistual akan memakai jas baru yang menandakan tugas dan tanggung jawab yang baru pula namun terlebih dahulu menunggu Surat Penetapan Gubernur

Hasilnya ditetapkan 45 orang calon anggota DPRD Kabupaten Sragen terpilih . dari 45 kursi anggota DPRD Kabupaten Sragen, Partai PKB mendapatkan  7 Kursi, Partai Gerindra mendapatkan 5 Kursi, Partai PDIP mendapatkan 13 Kursi, Partai Golkar mendapatkan 5 Kursi, Partai Nasdem mendapatkan 1 Kursi, Partai PKS mendapatkan 6 Kursi, Partai PAN mendapatkan 2 Kursi dan Partai Demokrat memperoleh 5 Kursi yang di bagi di 6 Dapil se Kabupaten Sragen.

“Berkas BA yang telah ditanda tangani oleh Komisioner dan Saksi Partai Politik akan dicopy sebanyak peserta pemilu yang akan diserahkan pada Peserta Pemilu dan Bawaslu. Kemudian sebagai usulan DPRD terpilih berkas akan langsung diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen melalui Sekretaris Kabupaten Sragen, tinggal nanti Pemerintah Daerah mendorong ke Provinsi Jawa Tengah,” imbuh ketua KPU Kabupaten Sragen.

Silahkan Download:

  1. BA Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Sragen Pemilu Tahun 2019 (Link Download)
  2. Salinan SK 109 Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sragen tahun 2019 (Link Download)
  3. Salinan SK 110 Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Sragen Pemilu 2019 (Link Download)

1 2 3 27