Sosialisasi Dalam rangka Peningkatan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak di Desa Ngrombo Kecamatan Plupuh

Sragen- Mendasar  pada Tugas KPU Kabupaten/Kota Pasal 18 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sragen pada hari Rabu tanggal 1 September 2021 melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih di Desa Ngrombo Kecamatan Plupuh yang dengan angka partisipasi 64, 86% (tergolong partisipasi rendah). Sosialisasi yang di laksanakan dengan penerapan  protokol kesehatan penanggulangan Covid 19 ini dihadiri oleh Komisioner Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM ( Bp. Nanang Tetuka) serta Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan (Bp. Suwarsono) dengan peserta dari Tokoh Masyarakat, mantan PPS dan mantan KPPS serta warga desa setempat, diharapkan dapat menaikkan partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan Serentak yang akan datang.

Di awal acara dalam sambutannya Kepala desa Ngrombo menyampaikan beberapa Langkah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat diantaranya yaitu keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu, Pengawasan dalam setiap tahapan dan Sosialisasi Pemilu kepada masyarakat sehingga target dari penyelenggara untuk tingkat partisipasi pemilih yang tinggi dapat tercapai. Pentingnya daftar pemilih yang valid juga menjadi upaya peningkatan partisipasi pemilih, mengingat banyak warga yang merantau dan tidak bisa pulang saat Pemilihan.

Dalam sosialisasinya Komisioner  KPU Menyampaikan bahwa pada Tahun 2024 nanti pemerintah akan mengadakan hajatan besar atau pesta demokrasi yaitu akan dilaksanakannya Pemilu dan Pemilihan Serentak,  yang mana Pemilu dan Pemilihan Serentak tidak akan berjalan jika masyarakat tidak antusias terhadap Pemilihan tersebut oleh karena itu diharapkan seluruh masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih untuk berperan aktif dan berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya.

Dokumentasi: