RUMAH DEMOKRASI SRAGEN

Dalam rangka pelaksanaan program pendidikan pemilih, KPU RI mencanangkan pembentukan Rumah Pintar Pemilu di setiap Kantor KPU Provinsi maupun Kantor KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia. Rumah Pintar Pemilu adalah sebuah konsep pendiidkan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-aktifitas project edukasi masyarakat.

Sebagai pelaksanaan dari Program Rumah Pintar Pemilu, KPU Kabupaten Sragen membentuk Rumah Demokrasi Sragen. Rumah Demokrasi Sragen, diresmikan pada tanggal 1 April 2017. Rumah Demokrasi Sragen, pada satu sisi berbagai program pendidikan pemilih dilakukan, dan pada sisi yang lain menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu untuk membangun gerakan. Pelaksanaan pendidikan pemilih dilakukan melalui kegiatan Ngopi Genmelu (Ngobrol Pintar Sragen Melek Pemilu) bersama dengan berbagai komunitas ataupun segmen pemilih.

Berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi disediakan di Rumah Demokrasi Sragen. Untuk menjalankan fungsi itu, berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi dapat disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi.Pada fungsi luas, konsep Rumah Demokrasi Sragen dapat difungsikan menjadi semacam mesuem pemilu.

Konsep Rumah Pintar Pemilu itu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemolih dan masyarakat untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum, akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan. Rumah Demokrasi Sragen diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menerjemahkan nilai demokrasi sesuai khittahnya. Generasi inilah yang selain dapat menjadi pemilih cerdas, juga dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan melahirkan kebijakan yang meminta pada tujuan kesejahteraan masyarakat.

Materi edukasi yang disajikan dalam Rumah Demokrasi Sragen memuat sarana untuk memperkenalkan, memahamkan, menanamkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat terhadap pentingnya nilai-nilai demokrasi. Sarana-sarana itu berupa sejarah, proses kepemiluan, dan simulasi proses pemilihan. Rumah Demokrasi Sragen, dimaksudkan untuk dapat menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu dalam melahirkan gagasan pembaruan dan perbaikan proses politik dan demokrasi.

Disamping itu, Rumah Demokrasi Sragen dapat menjadi Destinasi Wisata Pemilu, bagi sekolah, mahasiswa ataupun komunitas tertentu yang ingin melaksanakan kegiatan pembelajaran diluar kelas/ Outing Class. KPU Kabupaten Sragen telah membuat suatu konsep kegiatan Destinasi Wisata Pemilu RDS, yang meliputi kegiatan keliling Ruang Pamer RDS, menyaksikan Video Sejarah Pemilu dan Simulasi Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS.

Dalam Rumah Demokrasi Sragen, paling tidak, terdapat empat klarifikasi ruangan yang memiliki fungsi penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi. Ruang Pamer yang juga berfunsgsi sebagai ruang diskusi, terdapat berbagai data panel yang berisikan informasi tentang demokrasi dan kepemiluan, selain itu juga terdapat berbagai bahan sosialisasi dan logistik pemilu dari Pemilu 2004 sampai dengan Pemilu terakhir. Ruang Audio Visual dinamai Studio Pemilu, dapat digunakan untuk pemutaran video-video materi kepemiluan. Dan ruangan simulasi, dapat dijadikan latihan/simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

KPU Kabupaten Sragen memberi kesempatan kepada masyarakat luas, untuk hadir di Rumah Demokrasi Sragen.

Jam Buka : Senin – Jumat

Pukul       : 08.30 – 15.00 WIB.

Alamat    :  Jalan Letjend Sutoyo No. 74, Sragen.