Sengketa Pemilu DPD, DPR, dan DPRD 2014

SENGKETA HASIL PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPR, DPD, DPRD PROVINSI DAN DPRD KABUPATEN/KOTA TAHUN 2014 DI KABUPATEN SRAGEN

Dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014 dapat berjalan lancar. Namun demikian dari hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara terdapat Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dan KPU Kabupaen Sragen menjadi Termohon berdasarkan permohonan sebagai berikut :

  1. Permohonan Nomor: 02.10/PHPU-DPR-DPRD/XII/2014 dari Pemohon Partai Hati Nuari Rakyat.
  2. Permohonan Nomor: 12.02/PHPU-DPR-DPRD/XII/2014 dari Pemohon Partai Kebangkitan Bangsa.

Kedua Permohonan PHPU tersebut terkait dengan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Tengah IV (Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri). Pemohon meyakini bahwa terdapat selisih suara dari Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Hati Nurani Rakyat di Daerah Pemilihan Jateng IV.

KPU Kabupaten Sragen telah menyiapkan semua alat bukti. Melalui pembuktian di persidangan di Mahkamah Konstitusi akhirnya Mahkamah Konstitusi berdasarkan :

  1. Putusan Nomor: 02-10-14/PHPU.DPR-DPRD/XII/2014 (Provinsi Jawa Tengah) atas Permohonan dari Partai HANURA, melalui Amar Putusanya permohonan dari Partai HANURA tidak dapat diterima sepenuhnya, sehingga Keputusan KPU terkait perolehan hasil penghitungan suara Partai HANURA sebagaimana tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 411/Kpts/KPU/Tahun 2014 dan Keputusan Nomor 412/Kpts/KPU/Tahun 2014 adalah benar.
  1. Putusan Nomor: 12-02-14/PHPU.DPR-DPRD/XII/Tahun 2014 (Provinsi Jawa Tengah) atas Permohonan Partai Kebangkitan Bangsa, melalui Amar Putusannya, maka permohonan dari Partai Kebangkitan Bangsa tidak dapat diterima sepenuhnya, sehingga Keputusan KPU terkait perolehan hasil penghitungan suara Partai Kebangkitan Bangsa sebagaimana tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 411/Kpts/KPU/Tahun 2014 dan Keputusan Nomor 412/Kpts/KPU/Tahun 2014 adalah benar.